Senin, 06 Februari 2017

Visi SDN 3 Surya Mataram

Visi SDN 3 Surya Mataram || sdn3suryamataram - Berdasarkan Visi Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Timur “Terciptanya Kehidupan Masyarakat Yang Mampu Memenuhi Kebutuhan Dasar ( Basis Needs ) Bagi Sluruh Lapisan Masyarakat Kabuaten Lampung Timur, Serta Memiliki Daya Saing Yang Tinggi Dibidang Ekonomi, Sosial Budaya, Ilmu Pngetahuanan Teknologi” Serta Mengacu Pada Visi Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga Kabupaten Lampung Timur  “Mewujukan Aparatur Pendidikan Dasar Dan Menengah Yang Profesional, Prasekolah Dan Sekolah Dasar Luar Biasa Yang Berkualitas Untuk Menciptakan Sumber Daya Manusia Yang Kompetitip, Beriptek Dan Berimtak, Menuju Masyarakat Madani Di Bumei Tuah Bebadan ”, Serta Seiring Dengan Visi Koordinator Pelaksana Pendidikan Pemuda Dan Olahraga Kecamatan Marga Tiga  Maka Visi Sdn  3 Surya Mataram Adalah Sebagai Berikut :

“Terwujudnya pendidikan yang lebih bermutu dan siswa yang cerdas untuk membina akhlak serta mempunyai wawasan yang global disertai oleh budaya luhur”

Pada kalimat visi ini terdapat beberapa kata esensial yang perlu mendapat kejelasan ,yaitu :

Cerdas
Bidang pengetahuan
Kecakapan hidup
Berbudi pekerti
Berakhlak mulia
Berbudaya
Berkarakter bangsa

Visi SDN 3 Surya Mataram


Untuk menyamakan persepsi perlu dijelaskan makna kata esensial tersebut di atas sebagai berikut :

1. Cerdas
Kemampuan peserta didik dalam mengaktualisasikan potensinya ketika menghadapi berbagai tantangan  kehidupan sehari-hari

2. Bidang Pengetahuan
Kemampuan peserta didik dalam menyerap informasi akademis berdasarkan kompetensi dasar yang terdapat dalam standar isi, dan pengembangannya sesuai dengan situasi dan kondisi serta lingkungan setempat.

3. Kecakapan hidup
Kemampuan peserta didik dalam mengaktualisasikan  dirinya sehingga mampu berinteraksi dengan orang lain dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

4. Berbudi pekerti
Kemampuan peserta didik dalam bertindak dan berprilaku yang bersumber pada norma-norma dan aturan yang berlaku di masyarakat. Sehingga dalam pergaulan dengan siapapun dan dimanapun dapat beradaptasi dan bertata krama yang dihargai orang lain,serta dapat membedakan hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari hari.

5. Berakhlak mulia
Perwujudan dari berakhlak mulia adalah peserta didik  mempunyai kemampuan berpikir,bertutur kata, dan bertindak yang sesuai dengan nilai-nilai yang belaku dalam kehidupan berkeluarga, bertetangga, bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

6. Berbudaya
Budaya diartikan sebagai keseluruhan sistem berpikir, nilai, moral, norma, dan keyakinan (belief) manusia yang dihasilkan masyarakat. Sistem berpikir, nilai, moral, norma, dan keyakinan itu adalah hasil dari interaksi manusia dengan sesamanya dan lingkungan alamnya yang digunakan dalam kehidupan manusia makhluk sosial. 

7. Berkarakter Bangsa
Karakter adalah watak, tabiat, akhlak, atau kepribadian seseorang yang  terbentuk dari hasil internalisasi berbagai kebajikan (virtues) yang diyakini dan digunakan sebagai landasan untuk cara pandang, berpikir, bersikap, dan bertindak.

Related Posts

Visi SDN 3 Surya Mataram
4/ 5
Oleh